Categories
Anti-Geblek

Golongan Darah : Preman dan Hansip

Teman di Indonesia, kemarin ada baca Twitter orang lagi mencari donor darah AB+. Saya coba Reply Twit dan bilang sebenarnya kalau pasien AB+, bisa menerima darah dari golongan darah manapun juga.AB+ itu disebutnya Universal recipient, sedangkan O- itu Universal Donor.

Sedikit penjelasan tentang golongan darah. Pertama harus mengerti tentang “antigen” dan “antibody”. Antigen itu kalau dalam soal Imunology simplenya adalah “penyerang”, tapi yah kita gunakan istilah “Preman” lebih mudahnya.. Sedangkan antibody, kita bisa bayangkan sebagai pertahanan atau yah istilahnya “Hansip”.

Mudahnya, kita bayangkan darah kita itu ada 2 bagian namanya plasma dan sel. Jadi kalau kita bayangkan di dalam sebuah kompleks, biasanya hansip tuh ngerondanya di rumah, sedangkan preman tuh biasanya nongkrong di depan gang. Sama juga kaya darah kita, antigen atau “preman” itu nongkrongnya di sel, sedangkan antibody atau “hansip” nongkrongnya di plasma.

Nah, sebenarnya golongan darah itu artinya darah kita ada Antigen dari tipe tersebut. Jadi misalnya kalau kita Golongan darah A artinya kita ada antigen atau preman A. Kalau golongan darah B, artinya preman B, golongan darah AB, artinya preman A dan preman B. Bagaimana dengan golongan darah O ? Apakah preman O ? Bukan, golongan darah O, itu sebenarnya bukan abjad O, tapi dulunya, itu adalah istilah Null. Yang artinya nggak ada antigennya (absen A atau B). Jadi golongan darah O itu gak ada premannya, dia cuman ada hansip aja.

Dari sisi antibody atau “Hansip”, kalau kita sudah ada preman tipe tersebut, maka hansip dan premannya akan akur akur aja. Istilahnya sudah saling kenal sejak kecil. Kalau lebaran saling silathurammi, natal saling salam salaman. Pokonya udah akur.

Maka dari itu, misalnya kalau kita mempunyai golongan darah A, artinya kita punya preman A dan hansip kita udah kenal sama si A. Maka kalau dikasih golongan darah A juga, yah gak bakal ada apa apa. Karena premannya sama dan hansipnya juga udah kenal preman tipe A. Gimana kalau dikasih O ? yah oke oke aja, karena golongan O gak ada premannya, cuman hansip doang. Jadi Hansip kita sama hansip mereka mah oke oke aja. Palingan juga saling bagi uang rokok !

Tetapi, kalau kita golongan darah A, tapi dikasih golongan B, maka antibody atau “Hansip” gak kenal sama preman B, maka berantemlah mereka. Atau kalau kita golongan darah O, dimana “Hansip” nggak pernah ketemu perman tipe apapun, lalu dikasih A, yah udah itu “Hansip” kita bakal membabi buta menyerang si Preman A.

Lanjuta ke masaah Positif atau Negatif. Sebenarnya Positif atau Negatif itu menjelaskan tentang keberadaan Rhesus (atau kalau istilah mudahnya antigen D). Antigen D simplenya adalah preman tanpa komitmen atau freelance. Dia bisa hopengan sama preman A atau B, nah hansip kita perlakuin si preman D ini sama kaya preman lainnya.

Misalnya kalau kita dibilangnya golongan darah B Positif, itu artinya kita ada preman B dan preman D, hansip kita udah kenal juga preman tipe gini. Lalu kalau dikasih B Positif, yah gak bakal terjadi apa apa. Akur akur saja. Kalau dikasih B Negatif, juga gak masalah, karena artinya kita menerima darah yang ada preman B dan tidak ada preman D, jadi yah gak masalah.

TETAPI, kalau golongan darah kita misalnya B Negative, dan dikasih B Positif, yang artinya ada preman B dan preman D. Yah, hansip kita bakal ribut sama preman D yang baru datang. Hansip kita bilang ke preman D, “Eh kalau preman tipe B gua udah kenal, tapi eloe siapa ? Mo nyari RIBUT YAH !!!” Gertak hansip kita. Lalu preman D yang baru dateng gak seneng digertak, jadinya yah kontak fisik lah !

Begitulah kirakira proses kalau mau menerima darah. Kalau mau menerima PLASMA, nah pengertianya hampir sama, tetapi sedikit dibalik. Kalau kita mau menerima plasma, maka artinya kita mau menerima hansip dari luar. Itu nanti saya jelaskan lain hari.

Untuk mudahnya, ini ada contekan supaya bisa dibawa ke mana mana. Ini sumber cerita : https://www.redcrossblood.org/donate-blood/blood-types.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *